Rabu, 12 Desember 2018

Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA 2018

Written by Chairunnisya Tisa | Mar 28, 2018 3:00:00 AM
Halo Squad! Ujian Nasional tinggal beberapa minggu lagi nih, Apakah kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengerjakan soal? Kali ini Ruangguru akan memberikan sepuluh latihan soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA beserta pembahasannya. Ayo disimak!
geo-9-1.png
1. Topik: Short Functional Text
bahasa inggris.png
(Sumber: twitter.com)
What is the topic of the announcement above?
  1. MSG ELECTION is coming
  2. Forming political parties
  3. Orientation’s schedule
  4. How to approach G10 MSG
  5. Joining the election
Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat kunci dari pertanyaan di atas adalah: MSG ELECTION 2018. Lalu, bisa kita lihat bahwa pengumuman tersebut meminta pembentukan partai politik. Berdasarkan hal ini, jawaban yang paling tepat adalah A (MSG ELECTION is coming) karena pembentukan partai politik menandakan bahwa pemilihin akan segera datang.
geo-9-1.png
2. Topik: Recount Text
1aa.png
What is the most popular island among foreigners?
  1. Bali
  2. Lombok
  3. Java
  4. Sumatra
  5. Borneo 
Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat kunci dari pertanyaan di atas adalah: perhaps the most famous Indonesian island amongst foreigners.   ‘Mungkin pulau Indonesia yang paling terkenal di antara orang asing ialah Bali.’ Jadi, jawban yang paling tepat untuk mengisi pertanyaan di atas adalah A (Bali).
geo-9-1.png
3. Topik: Narrative
3ed-1.png
 The sentence ‘She did not worry anymore because the giant was dead.’ could possibly be restated as…
  1. The giant made her worried because he had died.
  2. The death of the giant made her worried.
  3. She was no longer worried due to the death of the giant.
  4. She was still worried because the giant was dead.
  5. The death of the giant brought anxiety for her.
Jawaban : C
Pembahasan
She did not worry anymore because the giant was dead. Kalimat tersebut memiliki arti ‘Dia tidak khawatir lagi karena raksasa tersebut telah mati.’ Berdasarkan hal ini, jawaban yang paling tepat adalah C (She was no longer worried due to the death of the giant.) yang berarti ‘Dia tidak khawatir lagi karena kematian raksasa  tersebut.’ Kata because memiliki makna yang setara dengan due to.

4. Topik: Narrative
The word “immediately” in paragraph 12 is closest meaning to….
  1. slowly
  2. surely
  3. certainly
  4. fast
  5. instantly
Jawaban: E
Pembahasan
Immediately memiliki arti ‘segera’. Berdasarkan hal ini, jawaban B (surely) dan C (certainly) tidak tepat karena bermakna ‘dengan pasti’. Sementara itu, jawaban A tidak tepat karena slowly bermakna ‘dengan pelan-pelan’, begitu pula dengan jawaban D (fast) atau ‘cepat’. Maka, jawaban yang paling tepat adalah E (instantly) atau ‘segera’.

5. Report Text

What is the fuel for human body?
  1. Food
  2. Carbohydrate
  3. Protein
  4. Vitamin
  5. Water
Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat kunci dari pertanyaan di atas adalah: The fuel is provided by the food which we eat.  yang bermakna ‘Bahan bakar disediakan oleh makanan yang kita makan.’ Berdasarkan hal ini, dengan jelas bisa kita ketahui bahwasanya jawaban dari pertanyaan di atas adalah A (food).

6. Topik: Report Text
These following sentences are mentioned above, except
  1. Human body is like a machine.
  2. The energy value of food is measured in calories.
  3. Food is the fuel for human body.
  4. The number of calories which humans need per day is different.
  5. Human body needs to rest just like a machine.
Jawaban: E
Pembahasan
Jawaban A tidak tepat karena terdapat pada teks di atas:  Human body is actually a living machine and is like all other machines. Jawaban B juga terdapat pada teks di atas: The energy value of food is usually measured in calories. Jawaban C juga terdapat pada teks di atas: The fuel is provided by the food which we eat.   Sama halnya dengan jawaban D yang tedapat pada teks di atas: The number of calories which people need per day varies. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E (Human body needs to rest just like a machine.)

7. Topik: Biography

Which of these following sentences is true about Steve Jobs?
  1. He was a Syrian inventor.
  2. He was adopted by Abdulfattah and Joanne Schieble.
  3. He was intelligent, but he was frustrated with his formal school.
  4. His biological father is from Palestine.
  5. He always exposed his private life.
Jawaban: C
Pembahasan
Jawaban A tidaklah tepat karena Jobs merupakan inventor Amerika: Steven Paul Jobs was an American inventor.Jawaban B juga tidak tepat karena Abdulfattah dan Joanne Schieble merupakan orang tua kandung Jobs: Joanne Schieble (later Joanne Simpson) and Abdulfattah "John" Jandali, gave up their unnamed son, Steve Jobs. Jawaban D salah karena ayah kandungnya berasal dari Syria: Jobs’ father, Jandali, was a Syrian political science professor.Jawaban E juga bertentangan dengan fakta bahwa Jobs jarang sekali membuka dengan kehidupan pribadinya: he remained a private man who rarely disclosed information about his family.Maka, jawaban yang paling tepat adalah C (He was intelligent, but he was frustrated with his formal school.)

8. Topik: Jumbled

 Arrange the sentences above based on the appropriate procedural text….
  1. 2 – 3 – 4 – 6 – 7 – 5 – 1 – 8
  2. 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 1
  3. 2 – 3 – 4 – 6 – 7 – 8 – 1 – 5
  4. 2 – 4 – 3 – 6 – 7 – 8 – 1 – 5
  5. 3 – 2 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 1
Jawaban: C
Pembahasan
Jawaban yang paling tepat adalah C (2 – 3 – 4 – 6 – 7 – 8 – 1 – 5) karena urutan kedua berarti: ‘pilihlah wadah dengan drainase yang baik.’ Urutan ini tepat sebagai kalimat perintah pertama. Lalu, kalimat perintah yang terakhir yang paling tepat adalah urutan 5 karena berarti: Potong bunga yang sudah layu. Jadi, opsi yang memungkinkan adalah C dan D. Namun, kita lihat pada urutan D setelah nomer 2 merupakan nomer 4 yang berarti ‘Gali bunga desi dari kebun’. Ini kurang tepat karena urutan 3 yang berarti ‘Isilah wadah dengan campuran pot yang ringan.’ Ini lebih relevan. Maka, sekali lagi jawaban yang paling tepat adalah C.

 9. Topik: Cloze

Which of these following words is appropriate to fill the gap above?
  1. site
  2. place
  3. border
  4. country
  5. city
Jawaban     : E
Pembahasan
Malatya is a large city in the Eastern Anatolia region of Turkey and the capital of Malatya Province. The 9… has been a human settlement for thousands of years.   bermakna ‘Malatya adalah sebuah kota besar di wilayah Anatolia Timur Turki dan ibu kota Provinsi Malatya. … ini telah menjadi pemukiman manusia selama ribuan tahun.’. Berdasarkan hal ini, jawaban yang paling tepat adalah E (city) karena kalimat berikutnya merupakan kalimat sambungan dari kalimat awal yang bercerita tentang kota Malatya.

10. Topik: Cloze
Which of these following prepositions is appropriate to fill the gap above?
  1. On
  2. In
  3. With
  4. Of
  5. By
Jawaban: E
Pembahasan
a name adopted 10… the Romans following Roman expansion into the east.Kalimat rumpang tersebut diawali dengan kalimat pasif adopted. Arti dari kalimat rumpang tersebut adalah ‘Sebuah nama yang diadopsi … orang-orang Roman menyusul dengan adanya ekspansi ke wilayah Timur.’ Berdasarkan arti dan tata bahasa dari kalimat rumpang tesebut, jawaban yang paling tepat adalah E (by) sehingga kalimat rumpang tersebut akan berbunyi ‘Sebuah nama yang diadopsi oleh orang-orang Roman menyusul dengan adanya ekspansi ke wilayah Timur.’
Semoga dengan soal latihan dan pembahasan di atas dapat membantu kamu mempersiapkan diri ya, Squad. Jika kamu merasa ada materi yang belum kamu kuasai, kamu bisa belajar langsung dengan guru privat melalui ruangles lho.

Teks asli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar